Cara Membersihkan dan Mengoptimalkan PC / Laptop Windows Anda

Cara Membersihkan dan Mengoptimalkan PC / Laptop Windows Anda

Ada kalanya Anda merasa PC Anda berjalan lambat, halaman web terlalu lama untuk dimuat dan folder terbuka setelah beberapa waktu. Semua ini adalah tanda bahwa PC Anda sedang mengalami masalah yang tidak biasa terjadi. Hal-hal ini juga dapat terjadi pada PC baru jika telah digunakan selama beberapa bulan. Jangan salahkan PC Anda untuk hal-hal semacam ini, ada kemungkinan PC Anda telah mengumpulkan banyak item atau file sampah, itulah mengapa memakan terlalu banyak waktu untuk memproses permintaan Anda. Inilah saatnya mengoptimalkan PC Anda.

Meskipun ada banyak pengoptimal PC yang tersedia di internet saat ini dan kebanyakan adalah perangkat lunak berbayar tetapi Anda benar-benar tidak perlu membayar untuk perangkat lunak tersebut, Anda dapat melakukan pengoptimalan PC sendiri tanpa membayar apa pun. Sangat mudah untuk membersihkan PC Anda tanpa pengetahuan teknis apa pun. Anda hanya perlu melakukan beberapa hal yang disebutkan di bawah ini dan komputer Anda akan kembali normal seperti semula, hanya dengan beberapa klik.

Hapus Program yang Tidak Diperlukan: Pergi ke Control Panel dan pilih Program dan Fitur dan ini akan memunculkan daftar perangkat lunak yang terinstal pada PC Anda. Perhatikan daftarnya dengan seksama dan hapus program apa pun yang tidak lagi Anda gunakan. Ini juga akan membebaskan beberapa ruang disk pada hard drive Anda yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan file penting.

Pembersihan disk: Klik tombol Start kemudian Accessories kemudian System Tools dan cari Disk Cleanup Utility. Alat kecil ini akan membantu menghapus item sampah dan file internet sementara dari PC Anda, ini juga akan membebaskan beberapa ruang disk untuk Anda.

Optimalkan Item Startup: Jika PC Anda menggunakan terlalu banyak waktu untuk mulai, pertimbangkan untuk meninjau item startup. Tekan Window + R untuk membuka kotak run, ketik perintah MSCONFIG dan masuk ke tab startup. Periksa dengan hati-hati semua item startup dan nonaktifkan aplikasi yang tidak diinginkan agar tidak dijalankan saat startup.

Optimasi Hard Disk: Klik pada tombol Start lalu Accessories kemudian System Tools dan cari Disk Defragmenter Utility. Ini mungkin membutuhkan beberapa waktu untuk menyelesaikannya untuk memindahkan file dan mengoptimalkan drive disk Anda.

pembaruan Windows: Pastikan Pembaruan Windows dihidupkan dan komputer Anda memeriksa pembaruan baru secara teratur. Ini akan memperbaiki sebagian besar masalah keamanan di komputer Anda dan juga akan membuat komputer Anda selalu terbarui. Komputer Anda harus dapat memeriksa pembaruan baru setidaknya sekali seminggu.

Pemindaian Antivirus: Pastikan Anda menggunakan perlindungan antivirus yang terkenal dan juga sedang diperbarui dengan definisi virus secara teratur. Sebagian besar perangkat lunak antivirus yang bagus saat ini memiliki utilitas Pengoptimal PC bawaan untuk mengoptimalkan komputer Anda dari waktu ke waktu. Anda harus menjalankan pemindaian penuh komputer Anda setidaknya sekali seminggu.

Selain hal-hal di atas, Anda juga dapat meningkatkan memori virtual pada PC Anda jika PC Anda memiliki RAM yang rendah, ini juga dapat memengaruhi kinerja komputer Anda. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mengoptimalkan pendaftar windows tetapi ingat salah mengedit item registri dapat menyebabkan kerusakan pada sistem operasi, jika ingin melakukannya pertimbangkan untuk menggunakan pengoptimal PC atau utilitas pembersih registri yang baik.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *