Cara Memperbaiki Laptop Rusak

Cara Memperbaiki Laptop Rusak

Topik umum di antara semua pengguna komputer adalah kisah mereka tentang laptop rusak. Apakah mereka meninggalkannya di atas mobil dan turun setengah jalan ke tempat kerja sebelum melihatnya meluncur dari atap mobil mereka dan menabrak beton, berubah menjadi tumpukan plastik dan papan sirkuit atau cerita tentang bangun dari meja ruang makan untuk pergi ke kamar mandi hanya untuk mengaitkan kaki Anda ke kabel daya dan menyeret laptop Anda dari meja dan ke tanah atau paling tidak mencabut kabel dari laptop. Saya yakin Anda bahkan memiliki beberapa cerita Anda sendiri untuk dibagikan, salah satu cerita itu mungkin mengapa Anda membaca ini di sini. Mencari apa yang Anda harapkan adalah perbaikan cepat untuk laptop rusak Anda. Jangan khawatir, kami akan membahas beberapa hal umum yang rusak pada laptop dan semoga membantu Anda mendiagnosis apa yang salah dengan laptop Anda.

Layar Laptop Rusak

Jika layar laptop Anda tidak mau menyala atau sangat redup maka ini adalah bagian untuk Anda. Pertama kita akan melihat cara mendiagnosis layar laptop rusak yang tidak mau hidup. Ada dua kemungkinan penyebabnya, satu adalah perbaikan mudah dan yang lainnya membutuhkan layar baru. Mungkin saja laptop hanya disetel ke keluaran ke monitor eksternal. Untuk beralih bolak-balik di antara monitor, Anda harus menahan tombol Fn di tangan kiri bawah keyboard dan kemudian tekan tombol yang sesuai antara F1 dan F12 di bagian atas. Salah satu kunci tersebut akan memiliki gambar dua monitor. Jika itu tidak berhasil, tes Anda selanjutnya adalah menyambungkan monitor eksternal. Jika komputer Anda ditampilkan di monitor eksternal maka hanya layar yang buruk dan kartu video masih bagus.

Jika layar laptop Anda sangat redup dan hampir tidak mungkin untuk dilihat, kami punya dua hal cepat untuk diperiksa. Yang pertama mirip dengan teks di atas, tetapi alih-alih mencari tombol Fungsi yang mengubah output monitor, Anda ingin menemukan tombol dengan pengaturan kecerahan, mengetuknya berulang kali sambil menahan tombol Fn akan mencerahkan layar. Jika Anda tidak melihat peningkatan kecerahan maka sayangnya lampu belakang Anda kemungkinan besar buruk dan Anda akan memerlukan bengkel komputer untuk menggantinya.

Engsel Laptop Rusak

Ini adalah masalah yang sebenarnya terjadi pada saya beberapa kali dan saya sangat senang mengetahui bahwa ada perbaikan yang sangat mudah untuk masalah ini. Saya tidak ingin membuat Anda bersemangat karena tidak selalu berfungsi, tetapi ini adalah hal yang mudah untuk diperiksa. Untuk melihat apakah Anda dapat mengencangkan engselnya, Anda harus melepas penutup plastik kecil yang menyembunyikan sekrup yang menahan layar dan engsel di tempatnya. Setelah penutup tersebut dilepas, Anda dapat mengambil obeng standar dan mengencangkan kedua sekrup tersebut. Jika Anda menemukan bahwa sekrupnya sudah terpasang dengan benar dan tidak dapat dikencangkan maka masalahnya terletak lebih dalam dan Anda pergi ke bengkel komputer lagi.

Kunci Laptop Rusak

Tidak ada yang bisa menjelaskan dengan tepat bagaimana sebuah tombol menghilang dari keyboard, tapi sepertinya selalu begitu. Cara termudah adalah dengan memesan kunci baru dan mengkliknya kembali ke tempatnya. Tempat-tempat seperti eBay dipenuhi dengan kunci tunggal untuk setiap model laptop populer. Pilihan Anda yang lain adalah memesan keyboard baru yang bisa sedikit lebih mahal, tetapi beberapa orang lebih suka mengganti seluruh keyboard.

Daya Laptop Rusak

Jika Anda membaca bagian ini, Anda mungkin ingin mengganti atau mendiagnosis adaptor daya yang rusak atau Anda sudah menggantinya dan laptop Anda masih tidak mengisi daya. Jika Anda mencoba mencari tahu apakah adaptor daya Anda yang sebenarnya buruk, cara terbaik adalah dengan memeriksa apakah ada lampu led yang menyala pada adaptor. Biasanya itu adalah led biru yang menunjukkan adaptor daya mendapatkan daya. Jika lampu itu mati saat adaptor dicolokkan ke stopkontak, kemungkinan besar adaptor itu rusak. Jika lampu itu menyala maka pengujian kami selanjutnya adalah mematikan laptop, melepas baterai, dan juga mencabut adaptor daya dari dinding. Sekarang colokkan adaptor daya ke laptop dan goyangkan sedikit. Apakah itu bergerak sama sekali? Jika terasa sangat longgar maka solder mungkin telah rusak dan steker listrik pada laptop tidak lagi terhubung dengan benar ke motherboard di dalam laptop. Ini terjadi cukup sering ketika laptop sering dipindahkan dan kabel daya dicabut. Jika ini masalahnya maka sekali lagi Anda pergi ke bengkel komputer. Seharusnya tidak terlalu merepotkan bagi mereka untuk menggantinya dan seringkali mereka dapat melakukan pekerjaan di rumah.

Semoga beberapa dari jawaban ini bermanfaat dalam upaya Anda untuk memperbaiki laptop Anda yang rusak. Jika Anda merasa tidak nyaman mencoba salah satu dari kemungkinan perbaikan ini, jangan khawatir. Anda bukan satu-satunya dan lebih baik membiarkan profesional menangani diagnosis kemudian melakukan kerusakan lebih lanjut pada laptop Anda.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *