Keamanan Komputer Laptop – Seberapa Amankah Notebook Anda?

Keamanan Komputer Laptop – Seberapa Amankah Notebook Anda?

Ratusan ribu komputer laptop dicuri setiap tahun, namun hanya sebagian kecil dari laptop tersebut yang pernah ditemukan! Sebagian besar buku catatan digesek saat dibiarkan tanpa pengawasan di kantor, ruang konferensi hotel, taksi, dan tempat umum seperti bandara dan restoran.

Saat laptop Anda dijual di jalan, data berharga akan hilang bersamanya. Terkadang data, bukan komputer, yang menjadi target sebenarnya. Pencuri licik dengan akses ke detail pribadi yang disimpan di hard drive laptop Anda seperti, nama, alamat, tanggal lahir, detail bank, dan nomor jaminan sosial, dapat merusak keuangan pribadi dan peringkat kredit Anda.

Ada banyak korban pencurian laptop terkenal. Baru-baru ini sebuah komputer laptop dicuri dari sekretaris pers Gubernur California Arnold Schwarzenegger, Margita Thompson. Akses ke data politik rahasia mungkin menjadi motif utama di balik pencurian notebook ini.

Melindungi komputer laptop Anda

Baru-baru ini IBM telah menciptakan pembaca sidik jari untuk model Thinkpad T42 tertentu, yang bisa jadi merupakan masa depan keamanan laptop. Pembaca sidik jari menciptakan lapisan keamanan biometrik yang hampir tidak mungkin ditembus, tetapi bagaimana dengan kita yang memiliki notebook lama?

Di bawah ini Anda akan menemukan 4 cara berguna untuk melindungi komputer laptop Anda.

Kunci kabel laptop

Kunci kabel harus menghalangi pencuri biasa. Banyak laptop dilengkapi dengan Universal Security Slot (USS) yang memungkinkan notebook untuk dipasang ke kunci kabel. Mereka dapat dibeli dengan harga murah di outlet peralatan kantor dan toko komputer.

Mengukir komputer laptop Anda

Mengukir buku catatan berharga Anda secara permanen mungkin tampak seperti ukuran yang drastis, tetapi menandai bagian luar laptop dengan nomor telepon dan alamat Anda, dapat mencegah pencuri dan, jika dicuri, meningkatkan kemungkinan laptop dikembalikan kepada Anda.

Detektor gerak laptop

Melengkapi notebook Anda dengan alarm detektor gerakan yang menyetel suara keras jika dipindahkan. Alarm seperti itu dapat menyebabkan pencuri membuang laptop. Variasi yang menarik adalah pemancar radio kecil yang memicu alarm saat notebook bergerak lebih dari 10-20 kaki dari penerima yang disimpan di dompet, dompet, atau saku Anda. Alarm seperti itu pasti akan mengingatkan ribuan orang setiap tahun yang meninggalkan laptop mereka di taksi.

Pelacakan laptop

Laptop yang dicuri dapat dilacak secara elektronik menggunakan kode pelacakan perangkat lunak yang dipasang di dalam hard drive laptop. Program pelacakan, seperti Cyberangel berfungsi saat laptop terhubung ke Internet dan secara diam-diam melaporkan lokasi laptop. Computrace Personal menawarkan layanan serupa melalui kontrak tiga tahun dan setuju untuk membayar hingga $ 1000 jika komputer notebook Anda tidak pulih dalam tiga puluh hari. Ztrace adalah perusahaan yang menawarkan sentuhan menarik pada pelacakan laptop. Mereka menawarkan fasilitas untuk menghapus atau mengenkripsi file sensitif di laptop Anda dari jarak jauh setelah dicuri.

Portabilitas komputer laptop merupakan keuntungan bagi para eksekutif yang sibuk dan bagi pencuri laptop. Belajar mengamankan notebook Anda akan menggagalkan upaya mereka dan menjaga keamanan laptop serta data berharga Anda!

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *