Langkah Pemecahan Masalah Perbaikan Layar Laptop

Langkah Pemecahan Masalah Perbaikan Layar Laptop

Seperti kebanyakan masalah komputer, perbaikan layar laptop didiagnosis dengan proses eliminasi. Ada 5 komponen utama pada layar laptop: LCD laptop atau layar LED itu sendiri, lampu latar, kabel fleksibel, inverter dan motherboard. Terkadang, penyebab langsung masalahnya terlihat ketika layar laptop retak atau pecah karena trauma fisik. Di lain waktu, sumber masalahnya tidak begitu jelas (seperti yang terjadi saat layar redup). Pada artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah pemecahan masalah dari perbaikan layar laptop.

Langkah pertama adalah mengonfirmasi bahwa kami berurusan dengan perbaikan layar laptop dan bukan kegagalan daya atau masalah laptop lainnya. Ini dilakukan dengan memastikan bahwa laptop menyala dengan benar. Jika tampilan di layar Anda benar dan Anda dapat melihat laptop Anda melakukan booting melalui bios dan masuk ke Windows, maka Anda telah menetapkan bahwa mesin lainnya tampaknya berfungsi dengan baik.

Atau, jika layar rusak dan yang Anda lihat hanyalah retakan, bercak tinta dan garis, maka Anda perlu mencolokkan laptop ke layar eksternal (layar desktop) dan memecahkan masalah dari sana. Jika display eksternal tidak menunjukkan tampilan yang benar dari proses boot-up tetapi Anda dapat mendengar laptop menyala dengan benar (bunyi bip normal, kipas berputar, hard drive berputar) maka Anda perlu memastikan bahwa monitor eksternal berfungsi. Jika ya, ada masalah motherboard yang tidak akan diselesaikan dengan mengganti layar.

Sekarang Anda telah menghubungkan laptop ke layar eksternal dan melihat bahwa laptop itu boot dengan benar, sekarang saatnya untuk mengidentifikasi masalah utama. Jika layar hanya hitam atau gelap, gunakan senter untuk menerangi layar di sekitar pojok kiri atas atau tengah. Jika Anda dapat melihat tampilan dengan bantuan senter, maka kami tahu layar menerima data dengan benar tetapi tidak menyala. Ini bisa menjadi masalah inverter (uji dengan voltmeter untuk memastikan keluaran listrik) atau masalah lampu latar. Jika inverter rusak, Anda perlu menggantinya dengan yang baru. Jika inverter berfungsi, maka sangat disarankan untuk mengganti layar laptop daripada mencoba memperbaiki lampu latar. Perbaikan itu berbahaya dan membutuhkan keahlian.

Jika layar laptop tidak redup tapi tidak ada tampilan di laptop (tapi ada di monitor eksternal), sekarang saatnya mencoba mengganti layar laptop. Sebagian besar perbaikan layar laptop disebabkan oleh layar atau lampu latar yang rusak. Namun, Anda mungkin juga mengalami situasi di mana titik-titik acak mulai muncul di layar, garis vertikal atau horizontal muncul di seluruh layar, perubahan warna area muncul dari semacam noda yang berkembang. Dalam semua kasus ini, Anda perlu membandingkan layar laptop dengan layar eksternal. Jika layar eksternal tidak menciptakan masalah tersebut, Anda harus mengganti layar laptop.

Perbaikan layar laptop adalah operasi yang rumit. Meskipun mungkin untuk “melakukannya sendiri”, perlu diingat bahwa Anda akan berurusan dengan komponen dan plastik yang sangat rapuh, sekrup kecil, kemungkinan kerusakan lebih lanjut pada unit dan akhirnya membatalkan garansi. Kami sangat menyarankan untuk menggunakan toko profesional untuk perbaikan layar laptop karena perbedaan biaya biasanya sepadan dengan ketenangan pikiran dan garansi untuk perbaikan.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *