Panduan Perbaikan Layar Laptop

Panduan Perbaikan Layar Laptop

Seperti kita ketahui bersama, kecelakaan bisa saja terjadi. Sayangnya, terkadang kecelakaan tersebut menimpa komputer atau laptop kesayangan kita. Paling umum, laptop akan memiliki sesuatu yang jatuh di atasnya yang akan merusak layar laptop. Dalam kasus lain, laptop itu sendiri dijatuhkan hanya untuk diangkat dengan layar yang retak. Kerusakan sudah terjadi dan tidak bisa diubah. Saatnya mempertimbangkan pilihan: memperbaikinya sendiri atau menggunakan toko profesional. Panduan ini untuk teknisi komputer pemberani yang tidak takut bekerja dengan komponen kecil, plastik rapuh, dan panel layar laptop. Peringatan! Mencoba memperbaiki laptop ini dapat membatalkan garansi pabrik Anda.

Layar laptop diperbaiki dengan mengganti layar saat ini dengan yang baru. Untuk melakukan ini, Anda harus melepaskan bezel (bingkai plastik yang mengelilingi layar) terlebih dahulu. Kemudian Anda harus melepaskan braket logam yang menahan layar di tempatnya. Setelah itu, Anda perlu membuka layar dari braket. Kemudian Anda akan dapat mengidentifikasi nomor model layar laptop dan informasi seri. Dengan informasi tersebut, Anda akan dapat memesan layar pengganti secara online. Setelah masuk, cabut kabel inverter dari inverter dan cabut kabel data (kabel fleksibel) yang berpindah dari laptop ke layar.

Dengan layar lama dihapus, letakkan layar baru di tempatnya. Jangan melepas film plastik apa pun yang melindungi layar baru seandainya masalahnya tidak terselesaikan dengan transplantasi. Colokkan kedua kabel ke layar laptop baru dan nyalakan mesin. Jika tampilan ditampilkan dengan benar, Anda siap melakukannya. Lepaskan film plastik di atas layar dan mulailah memasang layar laptop ke dalam braket di setiap sisi. Setelah layar ditahan oleh braket, kencangkan braket ke penutup belakang laptop. Terakhir, pasang kembali bezel dan semua sekrup yang menahannya di tempatnya.

Prosedur perbaikan layar laptop sedikit berbeda dari laptop ke laptop. Beberapa laptop menggunakan bezel nirsekrup yang ditahan dengan klip plastik. Bezel ini harus dilepas dengan hati-hati agar tidak melepaskan kait plastiknya. Setelah patah, bezel tidak akan terpasang dengan benar. Laptop yang lebih tua cenderung memiliki bezel dengan banyak sekrup (4 hingga 8) yang tersembunyi di bawah penutup sekrup bundar kecil. Anda harus melepaskan penutup dan kemudian sekrupnya sebelum melepas bezel.

Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, biasanya dengan laptop HP atau Sony Vaios, Anda tidak dapat melepaskan bezel yang mengelilingi layar laptop tanpa terlebih dahulu melepaskan layar dari bagian bawah unit laptop. Ini membutuhkan pembongkaran laptop yang lebih menyeluruh. Seperti kebanyakan perbaikan perangkat keras, saya sarankan menyerahkannya kepada para profesional. Saat mencoba memperbaiki sendiri mungkin menghemat beberapa dolar jika perbaikan berhasil, Anda mungkin mengalami kesulitan lebih lanjut yang tidak dapat dibantu oleh pemandu online. Selain itu, Anda tidak akan memiliki jaminan atas perbaikan Anda sendiri dan bahkan dapat membatalkan jaminan pabrik Anda.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *