Sekarang Anda Melihatnya, Sekarang Anda Tidak: Mencegah Pencurian Komputer Laptop

Sekarang Anda Melihatnya, Sekarang Anda Tidak: Mencegah Pencurian Komputer Laptop

Ketika Irwin Jacobs, kepala eksekutif dan pendiri Qualcomm Inc., laptopnya dicuri dari konferensi jurnalisme pada bulan September 2000, itu menjelaskan masalah yang berkembang.

Peristiwa terbaru lainnya telah memusatkan perhatian nasional pada masalah keamanan laptop, pertimbangkan hal berikut:

o Pada bulan Juli 2001 Biro Investigasi Federal melaporkan bahwa 184 laptop telah dicuri atau hilang. Setidaknya satu dan mungkin sebanyak empat berisi informasi rahasia.

o Pada bulan April 2001, Kementerian Pertahanan Inggris melaporkan 205 laptop hilang sejak 1997, sebagian besar berisi materi rahasia.

o Pada bulan Februari 2000, sebuah komputer laptop dengan informasi “sangat rahasia” menghilang dari Departemen Luar Negeri AS. Kemudian, pada Mei 2000 dua laptop lagi dilaporkan hilang dari Departemen Luar Negeri AS.

Meskipun teknologi telah membuat laptop menjadi lebih kecil, lebih mudah untuk disimpan dan diangkut, teknologi juga membuatnya lebih mudah untuk disembunyikan dan dicuri. Kenyamananlah yang membuat komputer laptop begitu populer dan kendaraan informasi pilihan bagi para pebisnis di seluruh dunia.

Komputer itu sendiri adalah aset yang berharga dan harus dilindungi, tetapi dapat diganti, namun, informasi yang disimpan di dalamnya dalam banyak kasus tidak dapat diganti dan lebih bernilai bagi pesaing jika dikompromikan. Seorang pencuri bisa mendapatkan beberapa ribu dolar untuk laptop kelas atas, tetapi dia bisa mendapatkan lebih banyak lagi untuk rencana pemasaran perusahaan.

Lokasi Berisiko Tinggi

Sebagian besar laptop dicuri dari kantor. Pejabat FBI memperkirakan sebanyak 75 persen pencurian laptop dilakukan oleh orang dalam, individu yang diharapkan berada di lokasi tersebut. Misalnya, karyawan, pengantar barang, dan petugas kebersihan semuanya memiliki akses ke halaman dan gedung serta memiliki kesempatan untuk mencuri laptop yang tidak dilindungi.

Dalam satu kasus, pihak berwenang Kanada menangkap seorang pria yang diyakini telah mencuri 20 hingga 30 laptop dari gedung perkantoran selama beberapa minggu. Tersangka akan memasuki gedung dengan berpakaian sebagai karyawan pemeliharaan, memuat komputer ke boneka dan keluar dari gedung. Dia melakukan rutinitas ini begitu sering, sehingga karyawan gedung percaya bahwa dia sebenarnya adalah anggota staf pemeliharaan.

Menurut artikel USA Today, peningkatan keamanan bandara sebagai akibat serangan teroris 11 September telah menyebabkan peningkatan jumlah laptop yang hilang di pos pemeriksaan bandara. . Masalahnya berasal dari prosedur baru yang mengharuskan penumpang melepas laptop dari tasnya dan memasukkannya ke mesin x-ray. Mereka lupa mengambilnya atau tidak sengaja mengambil laptop orang asing. Ini menjadi lebih bermasalah bagi pelancong yang dipilih untuk pencarian tongkat magnet dan mungkin dipisahkan dari barang berharga mereka di ban berjalan untuk waktu yang lama.

Wisatawan bisnis juga harus memperhatikan laptop mereka saat berada di lokasi berikut:

* Hotel

* Stasiun Kereta

* Terminal bus

* Agen persewaan mobil

* Pusat Konferensi

* Restoran

* Toilet

*Telepon berbayar

Ingatlah selalu, pencurian laptop bisa terjadi di mana saja, kapan saja.

Tips Pencegahan Pencurian Laptop

Para karyawan

o Menyamarkan laptop Anda. Dengan membawa laptop Anda dalam tas yang dirancang untuk komputer, Anda memberi tahu pencuri bahwa Anda memiliki laptop. Bawa laptop Anda dalam koper biasa, tas atau tas lain yang tidak mencolok.

o Catat nomor seri laptop, informasi merek dan model. Simpan informasi ini di dompet atau dompet Anda jadi jika komputer Anda dicuri, informasi tersebut akan tersedia saat Anda mengajukan laporan polisi.

o Jangan pernah meninggalkan laptop Anda tanpa pengawasan di tempat umum.

o Gunakan kabel pengunci komputer untuk menahan komputer ke meja atau meja

o Jangan pernah meletakkan komputer di bagasi terdaftar.

o Jika laptop harus ditinggal di dalam mobil, simpanlah di bagasi kendaraan sebelum sampai di tujuan akhir.

o Identifikasi tas jinjing Anda dengan cara yang tidak biasa agar menonjol dari semua tas lain. Warna yang tidak biasa, pita atau benang berwarna atau label yang sangat besar atau berwarna cerah yang ditempelkan pada tas akan membantu Anda segera menemukan tas tersebut dan memberi polisi kemungkinan alasan untuk menghentikan dan menanyai pengangkut.

o Pertimbangkan juga untuk merekatkan kertas berwarna atau memberi label besar di bagian depan laptop Anda untuk menghindari percampuran yang tidak disengaja pada mesin sinar-X.

o Cadangkan informasi secara teratur dan simpan secara terpisah jika komputer Anda dicuri.

Pengusaha

o Semua laptop harus secara permanen ditandai atau diukir dengan inventaris atau nomor seri sehingga dapat membantu pemulihan jika ditemukan oleh polisi. Tanyakan kepada pabrikan mengenai lokasi penandaan yang sesuai dan kriteria jaminan sebelum penandaan.

o Melakukan inventarisasi laptop terjadwal secara berkala.

o Dokumentasi yang tepat harus disimpan untuk semua laptop. Catatan dapat mencakup jenis pengidentifikasi peralatan seperti merek, model dan inventaris atau nomor seri, tanggal penugasan peralatan, dan karyawan yang bertanggung jawab atas laptop.

o Beberapa perusahaan menggunakan teknologi pelacakan aset elektronik. Pengusaha dapat menandai laptop dengan transponder elektronik kecil. Jika seorang karyawan mencoba meninggalkan gedung dengan membawa komputer, sistem mencatat waktu, tanggal dan waktu keluar yang digunakan. Beberapa sistem juga dapat memberikan keamanan ID karyawan yang mengambil peralatan.

o Akses ke area di mana laptop disimpan saat tidak ditugaskan harus dibatasi untuk beberapa individu terpilih.

o Area penyimpanan dengan akses terbatas harus ditempatkan jauh dari area lalu lintas tinggi.

o Akses harus dikontrol ke area seperti kantor tempat karyawan menggunakan laptop. Ini juga dapat dicapai melalui penggunaan sistem kartu ID.

o Beberapa perusahaan telah menetapkan kebijakan yang membuat karyawan bertanggung jawab atas hilangnya laptop jika mereka tidak mengikuti kebijakan perusahaan untuk menjaganya. Komunikasikan kebijakan secara tertulis dan dapatkan pernyataan pengakuan yang ditandatangani.

o Pengusaha juga diketahui mengharuskan karyawan untuk membeli laptop mereka, dengan alasan bahwa karyawan akan lebih merawatnya.

o Memberikan pelatihan pencegahan kerugian dan kesadaran keamanan kepada karyawan. E-mail, acara makan siang, orientasi karyawan baru, literatur / poster kesadaran keamanan, dan presentasi video adalah sarana yang sangat baik untuk menyebarkan berita.

o Menyediakan area penyimpanan aman yang memadai bagi karyawan untuk laptop mereka seperti lemari pengaman yang terkunci, lemari, dan perangkat pengunci di meja dan tempat kerja.

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *